Sabtu, 12 September 2020

Resume Talkshow #1

             Pada hari Jumat, 11 September 2020 panita Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2020 (PKKMB FE UNY 2020) menyelenggarakan empat kali talkshow dalam rangka acara PKKMB FE UNY 2020. Acara tersebut diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi 2020. Acara tersebut dibuka oleh MC yakni Sri Utami, Muhammad Abdul Latief, dan Hanifah Rifqa Shafrila. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Bapak Dr. Siswanto, M. Pd., yang selanjutnya diteruskan oleh Bapak Ponty S. P. Hutama, S. E., M. Si., selaku ketua PKKMB FE UNY 2020. Sambutan terakhir diberikan oleh Ryan Maulia Muhammad selaku Koordinator PKKMB FE UNY 2020. Acara tersebut juga dimeriahkan oleh talenta dari mahasiswa.

            Talkshow pertama dipandu Aulia Avi Basuki sebagai moderator. Beliau memiliki pengalaman organisasi sebagai Divisi Kastrat BEM UNY 2020, Public Relation Generasi Cerdas Keuangan OJK Yogyakarta 2020, dan masih banyak lagi. Talkshow ini diisi oleh dua narasumber Ade Rizqi Baskoro (Manajemen 2017) dan Andi Dwiki Iranda (Pendidikan Akuntansi 2017). Mas Ade adalah Ketua BEM KM FE UNY 2020. Dia juga mrupakan penerima beasiswa BI, ketua PKKMB FE UNY 2018, dan menjabat sebagai HRD kopma UNY 2019. Sedangkan Mas Andi adalah founder Lingkar Cendekia dan Sahabat Prestatif. Dia juga mendapatkan penghargaan prestasi di bidang penalaran mahasiswa FE UNY pada tahun 2019 dan 2020 serta mendapatkan predikat mahasiswa berprestasi prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY 2020.

            Pertama-tama Kak Ade Memberikan tips untuk dapat mebagi waktu ditengah kesibukan. Yang pertama kita harus berkomitmen terhadap apa yang kita lakukan dan harus konsiten. Kemudian kita harus menetapkan aturan mainnya,tetapkan tujuannya, cara meraihnya, hingga bagaimana cara kita mereview apa yang telah kita lakukan. Kak Andi juga membagikan tips mebagi waktu. Menurutnya kita harus fokus dengan apa yang kita kerjakan.

Kak Ade juga menyampaikan bahwa megikuti ormawa sangat penting, ia menganggap bahwa dengan mengikuti ormawa adalah tempat berproses menemukan kedewasaan. Karena di oramawa ini banyak permasalahan, banyak tantangan, dan masih banyak hal lagi. Di dalam ormawa kita juga bisa mempelajari empat hal yaitu, komunikatif, kolaboratif, kreatif, dan berpikir kritis. Kak Andi pun juga memiliki pandangan yang sama mengenai ormawa, karena mengikuti ormawa dapat mengasah kemampuan kita. Pengalaman yang paling berkesan bagi Kak Ade adalah ketika ia menjadi ketua BEM. Hal tersebut menjadi pengalaman yang paling berkesan, karena ekspektasinya semua akan berjalan offline seperti biasanya dengan rencana yang telah tersusun. Akan tetapi, pada kenyataannya hampir 80 persen dilakukan online. Hal itu membuatnya merubah cara berpikir bagaimana acara yang semula offline harus terlaksana meskipun harus dibuat online.

Kak Andi yang merupakan pemegang predikat mahasiswa berprestasi mengganggap predikat tersebut sebagai tekanan dan motivasi. Tekanannya itu terjadi karena mahasiswa berprestasi merupakan role model bagaimana mahasiswa baik di kuliah dan baik di akademiknya. Di kelas, IPK kak Andi bukanlah yang tertinggi di antara teman sekelasnya hal itu tentu menjadi salah satu tekanan. Sementara itu, jika Kak Andi mendapatkan prestasi ia berharap dapat memotivasi mahasiswa lainnya agar bisa lebih meningkat. Tips untuk menjadi mahasiswa berperstasi ada tiga. Pertama, kita harus memperbaiki mindset agar fokus pada tujuan. Kedua, kita harus total dalam menjalani hal yang dilakukan. Yang ketiga, kita harus selalu mengingat Tuhan di mana pun kita berada.

Kak Ade juga menjelaskan bahwa dunia perusahan itu akan menerapkan prinsip efektif dan efisien, jika kita tidak mengingkatkan kualitas kita akan tertingggal. Untuk itu kita harus memanfaatkan masa kuliah dengan baik.Masa kuliah adalah masa terbaik untuk mebuat kesalahan dan mengambil pelajaran dari kesalahan tersebut. Mereka berpesan agar kita tetap lapar dan haus akan pengetahuan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar