Sabtu, 12 September 2020

Resume Talkshow #3


Talkshow ketiga dipandu Indah Puspitasari sebagai moderator. Ia merupakan mahasiswa prodi Manajemen FE UNY. Ia juga merupakan owner dari SoloProject.id. Ia memiliki pengalaman organisasi sebagai staff divisi media UKMF Inspire FE UNY 2019-2020, Kepala Departemen Bisnis Leader in You 2020, dan sebagai CEO UKMF Inspire FE UNY 2020. Talkshow ini diisi oleh Guswan Bahri Alfarizi, yang merupakan mahasiswa di Fakultas Ekonomi UNY sejak 2018. Ia juga owner dari Fresher 58. Talkshow kali ini mengusung tema “Gebrakan Awal untuk Menciptakan Peluang serta Memeotivasi Diri Dalam Semangat Berwirausaha”.

Menurut Kak Guswan, entrepreneur adalah saorang wirausahawan yang kreatif, inovatif, dan dapat memecahkan masalah. Menjadi seorang entrepreneur juga memiliki resiko yang sangat besar. Hal yang melatar belakanginya menjadi wirausahawan adalah karena faktor ekonomi. Ia merasakan kebangkrutan yang dialami oleh ayahnya ketika masih SD. Sejak itu, Kak Guswan mulai mencoba berwirausaha denga car mrnjual stiker. Ia menjalani bisnis tersebut hingga SMA. Hingga dapat membeli motor sendiri pada kelas 2 SMA.

Perjuangan Kak Guswan tidak selalu mulus, ia pernah mengalami kegagalan. Kegagalan itu terjadi ketika ia merintis usaha laundry sepatu. Namun ia tidak menyerah dan bangkit lagi. Kemudian dicobanya bisnis semprotan sepatu, Fresher 58. Usaha itu dapat bertahan hingga sekarang. Hebatnya lagi, Kak Guswan melalui Fresher 58 itu mendapat tawaran dari investor dengan nominal yang sangat besar, yakni 10 miliar.

Kak Guswan berpesan kepada kita agar harus memulai terlebih dahulu jangan takut gagal, jika gagal kita harus bangkit lagi dan memulainya lagi. Untuk menjadi entrepreneur harus melakukan gebrakan dan berani melakikan eksekusi dari ide ide yang kita punya.entrepreneur juga dituntut agar bisa membagi waktu dan membuat skala prioritas.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar