Sabtu, 12 September 2020

Resume Talkshow #2

Talkshow kedua dipandu Sigit Setiaji sebagai moderator. Ia merupakan mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi FE UNY. Ia juga memiliki pengalaman organisasi sebagai Staf Divisi Kesejahteraan Mahasiswa HIMA DIKSI FE UNY 2019, ketua HIMA DIKSI FE UNY 2020, dan masih banyak lagi. Talkshow ini diisi oleh Prof. Setiabudi Indartono, MM., Ph.D. beliau berada di unit kerja Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Guru Besar. Pada talkshow ini, beliau membahas informasi akademik yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam talkshow ini dijelaskan bahwa UNY melakukan kurikulum baru untuk semua mahasiswa berdasarkan Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi untuk membentuk kampus merdeka. Mahasiswa dapat mengambil 3 semester diluar prodi bahkan hingga di luar institusi UNY. Mahasiswa juga akan mengenal sistem SKS yaitu singkatan satuan kredit semester. Dengan sistem ini mahasiwa dimungkinkan memililih sendiri mata kuliah yang akan diambilnya. Harga 1 sks untuk kegiatan kuliah setara dengan beban studi tiap minggu selama satu semester, terdapat 1 jam kegiatan terjadwal, 1-2 jam tugas terstruktur, 1-2 jam tugas mandiri.

            Berdasarkan Peraturan Rektor UNY nomor 5 tahun 2020 dijelaskan mahasiswa diberi beberapa opsi perkuliahan. Pertama, 5 semester di prodi 1 semester di prodi lain di UNY, dan 2 semester di luar UNY. Kedua, 6 semester di prodi, 1 di luar prodi masih di UNY, dan 1 semester di luar institusi. Ketiga, 6 semester di prodi dan 2 semester di luar institusi UNY. Untuk program diploma hanya tersedia pilihan pertama dan ketiga.

         Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami profil lulusan. Mahasiswa juga diharapkan mampu memahami pembelajaran yang akan diambil setiap semester. Saat lulus, lulusan UNY diharapkan memiliki ketakwaan, kecendekiaan, kemandirian, dan memiliki karakter sesuai pedoman leading in character.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar