Sabtu, 12 September 2020

Resume Talkshow #4

 

Talkshow keempat dipandu Indah Puspitasari sebagai moderator. Ia merupakan mahasiswa prodi Manajemen FE UNY. Ia juga merupakan owner dari SoloProject.id. Ia memiliki pengalaman organisasi sebagai staff divisi media UKMF Inspire FE UNY 2019-2020, Kepala Departemen Bisnis Leader in You 2020, dan sebagai CEO UKMF Inspire FE UNY 2020. Talkshow ini diisi oleh Andhika Mahardhika yang merupakan lulusan Teknik Mesin Undip, Semarang tahun 2011. Beliau juga merupakan CEO dari Agradaya. Agradaya sendiri diambil dari dua kata yakni agraria dan berdaya. Hal tersebut merukan sebuah doa agar pertanian di Indonesia dapat berdaya.

Dalam membentuk usaha Kak Andhika menerapkan konsep sosiopreneur. Sosiopreneur sendiri adalah sebuah konsep wirausaha yang mencari keuntungan dengan dibarengi dengan upaya menyejahterakan orang lain. Menurutnya saat berwirausaha memang sepatutnya selain mencari kuntungan juga memberikan manfaat kepada sekitar. Agradaya menjalankan usaha di bidang pertanian. Agradaya menggandeng para petani untuk menanam rempah-rempah dan memberikan pengarahan didalamnya. Kak Andhika berniat meningkatkan taraf hidup para petani dengan membantu para petani melalui Agradaya. Agradaya melakukan transaksi dengan para petani atas komoditas rempah-rempah dengan harga yang sesuai dengan yang disepakati bersama dan saling menguntungkan.

Pada awalnya, Agradaya memulai usaha dengan pendekatan personal, bahkan tidak membicarakan bisnis pada awal pembicaraan. Dari situ Agradaya dapat mengenal kelompok-kelompok tani. Agradaya juga dibantu perusahaan non profit untuk menjalankan usaha serta didukung oleh desa setempat. Kak Andhika sendiri mengatakan dengan bersosiopreneur kita dapat mendapatkan manfaat. Salah satunya kita dapat merasakan bahwa kebahagiaan tidak hanya diperoleh dari uang, tetapi dari saling berbagi juga dapat membawa kebahagiaan. Kak Andhika berpesan, untuk memulai kita bisa memulai dari apa yang kita bisa lakukan untuk sekitar. Kita juga harus bisa mengetahui tujuan dari usaha kita tersebut. Kak Andhika juga berpesan, agar orang uyangdapat bersekolah tinggi harus bisa bermanfaat kepada banyak orang dengan ilmu penegtahuan yang kita miliki.

 

 

 

1 komentar: